Halaman

    Social Items

 
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) adalah teks yang berisi informasi umum atau melaporkan suatu hasil pengamatan (observasi). Teks LHO bersifat faktual karena berdasarkan fakta yang ada dan tidak dibuat-buat.

Kali ini saya akan memberikan Contoh Laporan Hasil Observasi dengan tema Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah. Kita tahu bahwa pelajaran TIK sudah mulai hilang di sekolah-sekolah di Indonesia, karena anak-anak zaman sekarang sudah sangat paham tentang adanya teknologi. Mereka sudah biasa menggunakan teknologi tersebut. Namun, apakah teknologi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif ? Saya rasa pelajaran TIK masih diperlukan untuk mengembangkan minat siswa terhadap teknologi agar siswa bisa lebih mengenal jauh tentang pemanfaatan teknologi untuk masa depan yang lebih baik.
Berikut Laporan Hasil Observasi yang saya buat;

LAPORAN HASIL OBSERVASI
Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah




Disusun Oleh :
Romadhon Adi Permana
X MIPA 2



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi dan Komunikasi)  mulai diperkenalkan pada Kurikulum 2006 atau KTSP. Sejak waktu itu, TIK dijadikan Mata Pelajaran Wajib di Sekolah. Namun, pada Kurikulum 2013 pelajaran TIK dihapus oleh pemerintah. Dengan adanya pelajaran TIK, Siswa akan lebih mengenal tentang komputer, dan dapat memanfaatkannya untuk menunjang aktivitas siswa dalam hal belajar. Pada era sekarang, kegiatan yang berkaitan dengan TIK berkembang begitu cepat. TIK sudah digunakan diberbagai bidang pekerjaan. Untuk itu, Siswa membutuhkan penguasaan terhadap Teknologi yang dapat diajarkan melalui pelajaran TIK di Sekolah.

B. Maksud dan Tujuan
1. Mengetahui apakah pelajaran TIK masih penting bagi siswa di Sekolah.
2. Mengetahui manfaat dari adanya pelajaran TIK di Sekolah.
3. Mengetahui dampak negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah

C. Rumusan Masalah
1. Apakah pelajaran TIK itu penting?
2. Apa manfaat pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
3. Apa dampak negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?

D. Hipotesa
  1. Pelajaran TIK masih penting, dan seharusnya tidak dihapus. Karena banyak siswa Sekolah yang belum mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Walaupun sudah mengenal, tetapi belum bisa memanfaatkannya dengan baik.
  2. Manfaat Pelajaran TIK di sekolah diantaranya agar siswa Sekolah bisa mengenal dan memanfatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang baik, agar siswa mengetahui sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, agar siswa bisa mempelajari cara membuat website atau aplikasi yang berguna.
  3. Dampak negatifnya, yaitu:
    • Siswa hanya mengenal sedikit saja tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
    • Siswa tidak bisa memanfaatkan teknologi untuk hal yang baik
    • Siswa tidak siap untuk menghadapi masa depan yang hampir seluruh bidang pekerjaan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
B. Peralatan TIK
  • Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
  • Proyektor, yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.
  • Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
  • Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
  • Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
  • GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
  • Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
  • Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi termasuk internet.
  • Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
  • Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
  • Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
 C. Peran Penting TIK
  • Bidang Administrasi Perkantoran
Teknologi Informasi dan Komunikasi memudahkan pekerjaan administrasi dikantor, seperti mengetik surat , menyusun laporan keuangan, menghitung penjualan barang, dan sebagainya. perangkat lunak seperti microsoft word, excel, power point, dan sebagainya telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengelola kegiatan perkantoran mereka.
  • Bidang Telekomunikasi
TIK berperan sangat besar bagi kenyamanan kita dalam menjalin komunikasi. Saat ingin membuat janji dengan teman, kalian dapat menghubunginya dengasn telepon atau handphone. Demikian pula kalian yang mungkin sulit berjumpa dengan presiden, kini dapat menyapa beliau melalui alat komunikasi semacam telepon.
  • Bidang Hiburan
Banyak kegiatan pembuatan video musik, film atau animasi kartun yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan bantuan kamera tangan (handycam), sebuah adegan film dengan mudah dapat direkam. Kemudian dengan bantuan sejumlah software, kaset rekaman diedit, digandakan dan disimpan dalam bentuk VCD atau DVD. Kalian juga dapat menjalankan sebuah software Interaktif. Software ini memungkinkan kalian dapt berinteraksi dengan komputer tentang topik tertentu. Selain itu, jika kalian senang bermain game, sekarang tersedia begitu banyak judul dan jenis game yang dapat kalian jalankan lewat komputer.
  • Bidang Perbankan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan banyak transaksi keuangan dilakukan lewat internet atau peralaan lain. Sekarang kalian dapat mengirim atau menerima uang tenpa perlu bertemu dengan petugas bank. ATM telah meenggantikan fungsi seorang teller (petugas penghitung uang di bank), sehingga kalian dapat mengambil sejumlah uang kapan pun dibutuhkan.
  • Bidang Lainnya
Teknologi informasi dan komunikasi juga banyak berperan dalam bidang riset, kesehatan, biologi,produksi barang, dan sebagainya. Salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi dan komunikasi adalah pembuatan robot yang dapat menggantikan tugas manusia dalam memproduksi barang dipabrik, membantu seorang dokter dalam berhubungan dengan pasien, atau membantu seorang peneliti dalam percobaan-percobaan di laboratorium. Disekitar kalian mungkin juga sudah tersedia banyak warnet (warung Internet) yang memungkinkan kalian menjelajah situs-situs internet. Selain itu, peran internet sangat besar dalam mengubah cara kalian berkomunikasi. Kalian dapat berhubungan dengan semua orang disegala tempat didunnia.
BAB III
PEMBAHASAN
Menurut hasil wawancara saya dengan teman saya , mereka sudah bisa mengoperasikan komputer. Namun, hanya sebatas menyalakan atau mematikan komputer, berselancar di Internet, atau bermain permainan komputer. Mereka tidak mengetahui sejarah Komputer dan Internet. Mereka juga belum bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang menguntungkan. Dalam pelajaran TIK kita bisa mempelajari sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan. Kita bisa mengetahui tentang Internet dan peran penting internet bagi kehidupan. Kita juga bisa mempelajari cara membuat website dan membuat aplikasi sederhana. Selain itu, pelajaran TIK juga dapat melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Di era sekarang ini, TIK memiliki peran sangat banyak. TIK dalam dunia pemdidikan sangat diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran di kelas. Dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan efek positif seperti kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Mereka beranggapan bahwa pelajaran TIK penting bagi masa depan. Karena, pada saat bekerja, kita akan berhadapan dengan Teknologi dan kita harus bisa menguasainya. Menurut pendapat mereka, seharusnya pelajaran TIK tetap dipertahankan dan tidak dihapus.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa pelajaran TIK di Sekolah tidak seharusnya dihapus, karena pelajaran TIK mengajarkan bagaimana penguasaan teknologi untuk kegiatan yang bermanfaat seperti untuk mendukung sarana pembelajaran di kelas dan siswa dapat mencari hal atau sesuatu yang baru, dapat melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan siswa mengetahui bagaimana sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta siswa dapat menggunakannya untuk hal yang bermanfaat.  

B. Saran
Pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Tetapi, jika Pelajaran TIK terpaksa dihapus, Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler. 

C. Lampiran
Pertanyaan yang diajukan ke narasumber
1. Apakah pelajaran TIK di Sekolah itu penting?
2. Apakah Anda sudah bisa mengoperasikan komputer?
3. Apa yang biasa Anda lakukan menggunakan komputer?
4. Apakah Anda mengetahui sejarah komputer?
5. Apakah Anda mengetahui sejarah Internet?
6. Apa yang kita peroleh dari adanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?
7. Bagaimana kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Anda?
8. Bagaimana pendapat Anda tentang dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
9. Apa dampak negatif dari penghapusan pelajaran TIK di Sekolah?
10. Apa solusi dari dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah? 

Jawaban dari narasumber :
1. Menurut saya penting.
2. Sudah.
3. Mengetik, berinternet, dan bermain game.
4. Sedikit tahu.
5. Tidak tahu.
6. Kita bisa mengenal lebih dekat tentang komputer dan Internet, kita bisa belajar membuat website atau aplikasi, dan kita bisa menggunakan software untuk menunjang kegiatan.
7. Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memudahkan kita saat melakukan kegiatan. Contohnya, dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan efek positif seperti kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. 
8. Menurut saya, pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Karena, penting bagi kita untuk bisa mengetahui lebih jauh tentang teknologi.
9. Siswa kurang mengerti tentang dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.
10. Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat 😃. 
Jika ingin copas harap cantumkan Sumber nya. Terima Ksaih.
GANESA 3

Contoh Laporan Hasil Observasi SMA

 
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) adalah teks yang berisi informasi umum atau melaporkan suatu hasil pengamatan (observasi). Teks LHO bersifat faktual karena berdasarkan fakta yang ada dan tidak dibuat-buat.

Kali ini saya akan memberikan Contoh Laporan Hasil Observasi dengan tema Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah. Kita tahu bahwa pelajaran TIK sudah mulai hilang di sekolah-sekolah di Indonesia, karena anak-anak zaman sekarang sudah sangat paham tentang adanya teknologi. Mereka sudah biasa menggunakan teknologi tersebut. Namun, apakah teknologi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif ? Saya rasa pelajaran TIK masih diperlukan untuk mengembangkan minat siswa terhadap teknologi agar siswa bisa lebih mengenal jauh tentang pemanfaatan teknologi untuk masa depan yang lebih baik.
Berikut Laporan Hasil Observasi yang saya buat;

LAPORAN HASIL OBSERVASI
Dampak Penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah




Disusun Oleh :
Romadhon Adi Permana
X MIPA 2



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komunikasi dan Komunikasi)  mulai diperkenalkan pada Kurikulum 2006 atau KTSP. Sejak waktu itu, TIK dijadikan Mata Pelajaran Wajib di Sekolah. Namun, pada Kurikulum 2013 pelajaran TIK dihapus oleh pemerintah. Dengan adanya pelajaran TIK, Siswa akan lebih mengenal tentang komputer, dan dapat memanfaatkannya untuk menunjang aktivitas siswa dalam hal belajar. Pada era sekarang, kegiatan yang berkaitan dengan TIK berkembang begitu cepat. TIK sudah digunakan diberbagai bidang pekerjaan. Untuk itu, Siswa membutuhkan penguasaan terhadap Teknologi yang dapat diajarkan melalui pelajaran TIK di Sekolah.

B. Maksud dan Tujuan
1. Mengetahui apakah pelajaran TIK masih penting bagi siswa di Sekolah.
2. Mengetahui manfaat dari adanya pelajaran TIK di Sekolah.
3. Mengetahui dampak negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK di Sekolah

C. Rumusan Masalah
1. Apakah pelajaran TIK itu penting?
2. Apa manfaat pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?
3. Apa dampak negatif dari penghapusan Mata Pelajaran TIK bagi siswa Sekolah?

D. Hipotesa
  1. Pelajaran TIK masih penting, dan seharusnya tidak dihapus. Karena banyak siswa Sekolah yang belum mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Walaupun sudah mengenal, tetapi belum bisa memanfaatkannya dengan baik.
  2. Manfaat Pelajaran TIK di sekolah diantaranya agar siswa Sekolah bisa mengenal dan memanfatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang baik, agar siswa mengetahui sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, agar siswa bisa mempelajari cara membuat website atau aplikasi yang berguna.
  3. Dampak negatifnya, yaitu:
    • Siswa hanya mengenal sedikit saja tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
    • Siswa tidak bisa memanfaatkan teknologi untuk hal yang baik
    • Siswa tidak siap untuk menghadapi masa depan yang hampir seluruh bidang pekerjaan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
B. Peralatan TIK
  • Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
  • Proyektor, yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.
  • Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
  • Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
  • Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
  • GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
  • Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
  • Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi termasuk internet.
  • Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
  • Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
  • Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
 C. Peran Penting TIK
  • Bidang Administrasi Perkantoran
Teknologi Informasi dan Komunikasi memudahkan pekerjaan administrasi dikantor, seperti mengetik surat , menyusun laporan keuangan, menghitung penjualan barang, dan sebagainya. perangkat lunak seperti microsoft word, excel, power point, dan sebagainya telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengelola kegiatan perkantoran mereka.
  • Bidang Telekomunikasi
TIK berperan sangat besar bagi kenyamanan kita dalam menjalin komunikasi. Saat ingin membuat janji dengan teman, kalian dapat menghubunginya dengasn telepon atau handphone. Demikian pula kalian yang mungkin sulit berjumpa dengan presiden, kini dapat menyapa beliau melalui alat komunikasi semacam telepon.
  • Bidang Hiburan
Banyak kegiatan pembuatan video musik, film atau animasi kartun yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan bantuan kamera tangan (handycam), sebuah adegan film dengan mudah dapat direkam. Kemudian dengan bantuan sejumlah software, kaset rekaman diedit, digandakan dan disimpan dalam bentuk VCD atau DVD. Kalian juga dapat menjalankan sebuah software Interaktif. Software ini memungkinkan kalian dapt berinteraksi dengan komputer tentang topik tertentu. Selain itu, jika kalian senang bermain game, sekarang tersedia begitu banyak judul dan jenis game yang dapat kalian jalankan lewat komputer.
  • Bidang Perbankan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan banyak transaksi keuangan dilakukan lewat internet atau peralaan lain. Sekarang kalian dapat mengirim atau menerima uang tenpa perlu bertemu dengan petugas bank. ATM telah meenggantikan fungsi seorang teller (petugas penghitung uang di bank), sehingga kalian dapat mengambil sejumlah uang kapan pun dibutuhkan.
  • Bidang Lainnya
Teknologi informasi dan komunikasi juga banyak berperan dalam bidang riset, kesehatan, biologi,produksi barang, dan sebagainya. Salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi dan komunikasi adalah pembuatan robot yang dapat menggantikan tugas manusia dalam memproduksi barang dipabrik, membantu seorang dokter dalam berhubungan dengan pasien, atau membantu seorang peneliti dalam percobaan-percobaan di laboratorium. Disekitar kalian mungkin juga sudah tersedia banyak warnet (warung Internet) yang memungkinkan kalian menjelajah situs-situs internet. Selain itu, peran internet sangat besar dalam mengubah cara kalian berkomunikasi. Kalian dapat berhubungan dengan semua orang disegala tempat didunnia.
BAB III
PEMBAHASAN
Menurut hasil wawancara saya dengan teman saya , mereka sudah bisa mengoperasikan komputer. Namun, hanya sebatas menyalakan atau mematikan komputer, berselancar di Internet, atau bermain permainan komputer. Mereka tidak mengetahui sejarah Komputer dan Internet. Mereka juga belum bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal yang menguntungkan. Dalam pelajaran TIK kita bisa mempelajari sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan. Kita bisa mengetahui tentang Internet dan peran penting internet bagi kehidupan. Kita juga bisa mempelajari cara membuat website dan membuat aplikasi sederhana. Selain itu, pelajaran TIK juga dapat melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Di era sekarang ini, TIK memiliki peran sangat banyak. TIK dalam dunia pemdidikan sangat diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran di kelas. Dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan efek positif seperti kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Mereka beranggapan bahwa pelajaran TIK penting bagi masa depan. Karena, pada saat bekerja, kita akan berhadapan dengan Teknologi dan kita harus bisa menguasainya. Menurut pendapat mereka, seharusnya pelajaran TIK tetap dipertahankan dan tidak dihapus.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa pelajaran TIK di Sekolah tidak seharusnya dihapus, karena pelajaran TIK mengajarkan bagaimana penguasaan teknologi untuk kegiatan yang bermanfaat seperti untuk mendukung sarana pembelajaran di kelas dan siswa dapat mencari hal atau sesuatu yang baru, dapat melatih siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan siswa mengetahui bagaimana sejarah dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta siswa dapat menggunakannya untuk hal yang bermanfaat.  

B. Saran
Pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Tetapi, jika Pelajaran TIK terpaksa dihapus, Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler. 

C. Lampiran
Pertanyaan yang diajukan ke narasumber
1. Apakah pelajaran TIK di Sekolah itu penting?
2. Apakah Anda sudah bisa mengoperasikan komputer?
3. Apa yang biasa Anda lakukan menggunakan komputer?
4. Apakah Anda mengetahui sejarah komputer?
5. Apakah Anda mengetahui sejarah Internet?
6. Apa yang kita peroleh dari adanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?
7. Bagaimana kegunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Anda?
8. Bagaimana pendapat Anda tentang dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah?
9. Apa dampak negatif dari penghapusan pelajaran TIK di Sekolah?
10. Apa solusi dari dihapusnya pelajaran TIK di Sekolah? 

Jawaban dari narasumber :
1. Menurut saya penting.
2. Sudah.
3. Mengetik, berinternet, dan bermain game.
4. Sedikit tahu.
5. Tidak tahu.
6. Kita bisa mengenal lebih dekat tentang komputer dan Internet, kita bisa belajar membuat website atau aplikasi, dan kita bisa menggunakan software untuk menunjang kegiatan.
7. Teknologi Informasi dan Komunikasi akan memudahkan kita saat melakukan kegiatan. Contohnya, dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas memunculkan efek positif seperti kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. 
8. Menurut saya, pelajaran TIK seharusnya tidak dihapus. Karena, penting bagi kita untuk bisa mengetahui lebih jauh tentang teknologi.
9. Siswa kurang mengerti tentang dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.
10. Pelajaran TIK bisa dijadikan sebagai ekstrakulikuler.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat 😃. 
Jika ingin copas harap cantumkan Sumber nya. Terima Ksaih.
GANESA 3

Tidak ada komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.